Langsung ke konten utama
Pengajaran Sastra dan Kekerasan dalam Pendidikan
Oleh : Agus Wibowo *


Clieff Muntu, Praja Tingkat II, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) harus mengakhiri hidupnya di tangan kakak kelasnya (seniornya) senin (2/04/2007). Media cetak dan elektronik beberapa waktu ini berlomba mengulas tragedi tersebut. Beberapa televisi swasta bahkan menaikkan rating tayangan tindak kekerasan yang dilakukan senior IPDN pada yuniornya. Kita-pun dibuat geram oleh tayangan tersebut.
Persoalan kekerasan dalam pendidikan —lebih-lebih di IPDN— mestinya tidak terjadi, jika pendidikan sastra mendapat tempat atau diajarkan secara benar dan seimbang dalam lembaga pendidikan tersebut. Tapi kenyataannya, nada lembaga persekolahan terhadap sastra dan sastrawan sangat tidak bersahabat. Kurikulum pendidikan malah terkesan ingin menghapuskan etika atau akal budi yang bersumber dari karya sastra. Hal ini dibuktikan sampai saat ini pelajaran sastra masih diomprengkan pada mata pelajaran lain, seperti bagian Bahasa lndonesia dan porsinya pun hanya 10 persen.
Sementara diperguruan tinggi pelajaran sastra hanya bagian dari mata kuliah budaya dasar dengan porsi 0,1 persen. Seakan-akan sastra hanyalah pelajaran sampingan yang jika dalam keadaan mendesak layak untuk ditiadakan. Bebeda dengan matematika, fisika, kimia dan akuntansi. Ironisnya lagi generasi muda seakan percaya bahwa sastra memang tak bisa memberikan apa-apa. Apalagi, memberikan titik terang pada masa depannya.

Sastra membentuk Prilaku Luhur
Sejatinya sastra bisa menjadi panji utama penjaga etika di negeri ini. Sastra bukan hanya berfungsi sebagai agen pendidikan, membentuk pribadi keinsanan seseorang, tetapi juga memupuk kehalusan adab dan budi individu serta masyarakat agar menjadi masyarakat yang berperadaban (Edi Firmansyah, 2006).
Fuad Hasan misalnya pernah berkata: “Kalau mau perang, kumpulkan seribu sastrawan untuk bicara soal strategi perang yang akan dipakai, nanti hasilnya tidak akan pernah terjadi perang”. Hal ini menunjukkan bahwa sastra bisa menempa hati yang keras menjadi halus, lembut dan penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan. Sebagaiman diungkapkan Friedrich Schiller, sastra bisa menjadi semacam permainan menyeimbangkan segenap kemampuan mental manusia, berhubung dengan adanya kelebihan energi yang harus disalurkan. Dengan kesusastraan, seorang diasah kreativitas, perasaan, kepekaan dan sensitivitas kemanusiaannya, sehingga terhindar dari tindakan-tindakan yang destruktif, sempit kerdil dan picik (Darmaningtyas, 2004;81).
Sejatinya, pengajaran sastra dapat memberikan andil yang signifikan terhadap keberhasilan pengembangan sumber daya manusia (SDM), asalkan dilaksanakan dengan pendekatan yang tepat. Pendekatan ini adalah pendekatan yang mampu merangsang terjadinya olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga. Pengajaran bahasa dan sastra dapat saling mendukung jika keduanya dilaksanakan dengan pendekatan yang tepat. Selama ini, banyak kelas-kelas bahasa dan sastra dinilai kurang menarik bagi peserta didik lantaran pendekatannya kurang tepat. “Bahasa dan sastra selama ini diperlakukan sebagai pengetahuan sehingga kurang melibatkan peserta didik,” (Suwarsih Madya, 2005). Di sisi lain, para guru bahasa dan sastra tidak berupaya membuat pembelajaran menarik bagi peserta didik. Karena itu, diperlukan upaya agar peserta didik merasa bangga terhadap bahasa nasionalnya.

Perlu Rekonstruksi Kurikulum
Pembenahan kurikulum dari 1984 menjadi kurikulum 1994 dan disempurnakan lagi dengan kurikulum berbasis kompetensi belum menunjukkan kemajuan berarti bagi sastra di sekolah. Sastra masih sebagai pelajaran yang asing untuk sekolah di kota. Bisa dibanyangkan bagaimana keadaan sekolah di desa, kenal sastra-pun tidak. Oleh karena itu, hadirnya Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP), diharapkan lebih menuntut siswa ataupun guru untuk memiliki kemampuan apresiasi sastra yang tinggi. Dan hal ini tentu lebih menuntut ketersediaan buku-buku sastra yang bermutu dan sesuai dengan perkembangan siswa. Untuk selanjutnya, sebaiknya pemerintah mengusahakan pula program penyediaan sumber pembelajaran apresiasi sastra Indonesia terutama penyediaan karya sastra berupa kumpulan novel, cerpen, kumpulan puisi bagi siswa di sekolah-sekolah (perpustakaan sekolah). Dengan tersedianya sumber belajar/karya sastra yang lengkap yang sesuai dengan masa perkembangan dan kebutuhan para siswa di setiap sekolah, maka hal itu tentu sangat mempengaruhi dalam penyusunan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran di sekolah. Hasil yang dicapai tentu akan lebih baik lagi.
Bagaimanapun, keprofesionalan guru bahasa dan sastra Indonesia sangat dipengaruhi pula oleh ketersediaan sumber belajar/karya sastra bagi siswa di sekolah. Hal ini sangat diperlukan dalam proses pembelajaran sastra, karena tanpa karya sastra atau tanpa ada siswa membaca karya sastra itu secara langsung maka pembelajaran apresiasi sastra Indonesia pada dasarnya adalah bohong belaka dan yang ada sebenarnya adalah pembelajaran (pengetahuan) sastra Indonesia saja. Ketersediaan sumber belajar/karya sastra di perpustakaan sekolah sangat mempengaruhi dan menentukan keberhasilan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di masa yang akan datang disamping adanya faktor lain, tentunya. Jadi dapat dikatakan bahwa faktor ketersediaan sumber belajar/karya bagi siswa dalam pembelajaran apresiasi sastra Indonesia termasuk faktor yang penting dan mutlak harus tersedia (Ermanto, 2001).
Kita mestinya segera mengakhiri berbagai tindak kekerasan dalam pendidikan, melalui pengajaran sastra yang benar di sekolah. Lebih-lebih, pengajaran sastra-sastra klasik seperti Mahabarata, Ramayana, Serat Arjuna Wiwaha, Nitisastra, Wulangreh, Gurindam raja Ali Haji, dan sebagainya. Sastra akan memberi pencerahan batin peserta didik, memupuk persaudaraan, menyadarkan kedirian manusia dan membentuk figur yang elegan, demokratis dan santun terhadap sesama. []

*) Pemerhati sastra, Mahasiswa Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Alamat Penulis : agus82wb@yahoo.com dan agus1982wb@yahoo.co.id, Telp : 081 327 221189 Rekening : BRI Unit Mataram 3015-01-009577-53-3

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Publikasi di Jurnal Internasional Terindeks SCOPUS (Tahun 2018-2020)

Siron, Y., Wibowo, A., & Narmaditya, B.S. (2020). Factors affecting the adoption of e-learning in indonesia: Lesson from Covid-19. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 282-295.  https://doi.org/10.3926/jotse.1025 Assessment of Household Happiness in Slum Environment Usingthe Expected Value Rules : Bagus Sumargo*, Zarina Akbar and Agus Wibowo Antecedents of Customer Loyalty: Study from the Indonesia’s Largest E-commerce Leadership Styles and Customer Loyalty: A Lesson from Emerging Southeast Asia’s Airlines Industry Does Entrepreneurial Leadership Matter for Micro-Enterprise Development?: Lesson from West Java in Indonesia Determinant Factors of Young People in Preparing for Entrepreneurship: Lesson from Indonesia Wardana, L.W., Narmaditya, B.S., Wibowo, A., Mahendra, A.M., Wibowo, N.A., Harwida, G., Rohman, A.N. (2020). The Impact of Entrepreneurship Education and Students’ Entrepreneurial Mindset: The Mediating Role of Attitude and Self-Efficacy. Heliyon 6 (2020) e0

Ketimpangan Ekonomi Global dan Kemiskinan

Oleh Agus Wibowo Tulisan ini dimuat Harian Pelita Edisi Rabu, 02 Desember 2009 Program pemulihan ekonomi dan pengurangan jumlah rakyat miskin, kembali menghadapi ancaman mahaberat. Sebagaimana laporan Bank Dunia mengenai perkembangan Asia Timur dan Pasifik terbaru bertajuk Transforming the Rebound Into Recovery menyebutkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Asia, lebih-lebih Asia Timur dan Pasifik mengalami ketimpangan selama resesi terparah sejak Perang Dunia II. Ketimpangan itu terjadi karena ekonomi China mengalami laju pertumbuhan sebesar 8,7% pada tahun 2009, sementara negara-negara di sekelilingnya hanya tumbuh sebesar 1%. China juga diproyeksikan sebagai satu-satunya negara dimana permintaan domestiknya melampaui jumlah permintaan global. Laju pertumbuhan ekonomi China itu, tentu saja berdampak negatif pada negara-negara sekelilingnya. Bahkan pertumbuhan ekonomi di beberapa negara seperti Asia, Amerika Serikat, kawasan Euro dan Jepang mengalami penurunan selama 3 kuartal. Hanya bebera

Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan

Oleh Agus Wibowo Dimuat Harian Bisnis Bali Edisi 16 Januari 2009 Akibat krisis finansial global yang diikuti pemutusan hubungan kerja (PHK), pengangguran di Indonesia mengalami kenaikan. Data Organisasi Buruh Dunia (ILO, 2009), menyebutkan sektor industri/usaha menyumbang sedikitnya 170.000 hingga 650.000orang. Jumlah itu bisa makin meroket akibat goyahnya sejumlah industri inti, yang bakal turut menyeret ratusan industri pendukung. Sebagai contoh adalah industri garmen yang membutuhkan pemasok bahan baku kain, benang, bahan kimia, logistik, sampai komponen mesin yang disebut subkontraktor. Demikian juga industri otomotif dengan jaringan pemasok komponen serta industri pulp dan kertas. Fenomena pengangguran akibat PHK, tentu saja menimbulkan keprihatinan kita bersama. Apalagi, mendekati pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) di mana suhu politik tengah memanas. Tingginya angka pengangguran itu — selain berbanding lurus dengan tindak kriminalitas — dikhawatirkan akan digunakan oknum terten